Thursday, 16 March 2017

Manfaat Pengembangan Sistem Imformasi

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perlunya pengembangan sistem informasi digunakan untuk mengontrol alur informasi dalam setiap proses secara cepat dan akurat. Pada era teknologi seperti sekarang ini, informasi memegang peranan yang sangat penting dalam efisiensi operasional suatu perusahaan. Dengan adanya sistem informasi yang efisien dan efektif dalam proses bisnis yang berlangsung, maka akan mempermudah pihak-pihak yang terkait untuk dapat membuat keputusan secara cepat dan tepat serta dapat meningkatkan kinerja dan daya saing dari perusahaan agar bisa bersaing dengan kompetitornya. Disebutkan oleh Khan (2012:4), bahwa pada era persaingan pasar seperti sekarang ini, perusahaan akan selalu dituntut untuk mengikuti inovasi: dari persaingan yang semakin ketat, globalisasi, perubahan aturan pemerintah, restrukturisasi, dan perubahan teknologi. Lingkungan yang semakin kompetitif ini membutuhkan usaha dan fokus untuk mengembangkan praktik teknologi dan manajemen yang efektif. 

Salah satu bagian perusahaan yang memerlukan pengelolaan informasi agar dapat berjalan dengan baik adalah bagian pengelolaan sumber daya manusia (SDM) atau yang sering dikenal dengan Human Capital. Menurut Omona (2010:52), pengembangan penuh pada pengelolaan karyawan dapat memberikan hasil yang signifikan pada kesuksesan sebuah organisasi, dengan memberikan dukungan pada organisasi terhadap perubahan teknologi dan lingkungan. Disebutkan juga oleh Miranda dan Julisar, (2013:240) bahwa pengelolaan karyawan sebagai sumber daya sangat penting untuk meningkatkan efektivitas kinerja, serta efisiensi proses bagi organisasi atau perusahaan. 

Berdasarkan sumber diatas, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan sumber daya yang baik akan memberikan manfaat bagi perusahaan. Seperti yang dikatakan oleh Gill, Ramsey, dan Leberman (2014:3) bahwa divisi human resource harus mampu untuk mengambil setiap keputusan secara tepat, keputusan yang sejalan dengan organisasi dan didukung oleh teknologi yang up-to-date dan pengelolaan karyawan yang baik. Dengan didukung oleh sistem yang baik, maka informasi dan data yang terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia akan terkontrol dengan baik. Oleh karena itu, merupakan suatu hal yang penting untuk mengevaluasi pengelolaan sumber daya manusia yang ada pada suatu perusahaan. Seperti yang dikatakan oleh Noerlina (2010:99), evaluasi terhadap Sistem Informasi Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan kinerja dari Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dipusatkan pada pengelolaan sistem informasi sumber daya manusia yang ada pada PT. Swadharma Griyasatya (SGrS).

PT Swadharma Griyasatya (SGrS) adalah sebuah perusahaan jasa yang menyediakan jasa manajemen properti, cleaning service, dan contracting. PT SGrS berlokasi di Gedung BNI dukuh atas, Jakarta Pusat. Didukung oleh karyawan yang jumlahnya mencapai lebih dari 1400 tenaga profesional, PT SGrS menyediakan cakupan lingkup layanan yang cukup luas untuk beroperasi.

Dengan jumlah karyawan yang banyak dan beragam, serta cakupan proses bisnis yang luas, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mendukung seluruh operasional PT SGrS agar dapat terorganisir dan terawasi secara baik. Sampai saat ini, dengan cakupan pegawai yang begitu beragam dan berjumlah sangat banyak, PT SGrS belum memiliki sistem informasi yang memadai sehingga belum ada kontrol yang baik bagi pengelolaan sumber daya manusia yang ada pada PT SGrS. Oleh karena itu, disusunlah skripsi yang berjudul “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Human Capital Management pada PT Swadharma Griyasatya”, sehingga pengelolaan sumber daya manusia pada PT SGrS akan berjalan dengan baik, dan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan.

1.2 Ruang Lingkup
Dalam penulisan skripsi ini ruang lingkup (scope) penelitian akan dibatasi pada proses analisis dan pengembangan sistem pada karyawan back-office (mencakup karyawan tetap dan kontrak) pada PT SGrS, yang mencakup:
1. Sistem penyimpanan data karyawan dari tahap perekrutan hingga resmi diangkat menjadi karyawan
2. Sistem proses permohonan cuti/izin oleh karyawan 
3. Sistem Payroll (penggajian) pada PT Swadharma Griyasatya yang mencakup:
  • Perhitungan gaji pokok karyawan 
  • Perhitungan lembur karyawan berdasarkan jumlah jam kerja
  • Tunjangan karyawan 
4. Sistem perhitungan jumlah PPh 21 yang dikenakan pada karyawan sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku
5. Sistem pelaporan kinerja karyawan berdasarkan absensi dan jumlah izin/cuti serta penilaian yang dilakukan oleh pimpinan bagian.

1.3 Tujuan dan Manfaat
Dalam melakukan penyusunan penelitian, tentunya terdapat manfaat yang dapat di rasakan baik oleh pihak penulis maupun pihak perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
a. Tujuan dalam penelitian ini adalah :
  1. Mengetahui permasalahan yang dimiliki oleh perusahaan, dapat berupa kendala, maupun kebutuhan perusahaan yang dapat dipenuhi dengan perancangan sistem.
  2. Merancang sistem Human Capital Management yang dapat memberikan manfaat berupa efisiensi pada pengelolaan karyawan dan pengelolaan pengeluaran kas perusahaan.
b. Manfaat dalam penelitian ini adalah :
  1. Membantu divisi Human Resource (HR) dengan merancang sistem Human Capital Management yang dapat mempermudah proses pengelolaan karyawan PT Swadharma Griyasatya 
  2. Membantu pihak manajemen dalam memperoleh informasi dan laporan yang dibutuhkan terkait pengelolaan karyawan secara efisien sehingga mempermudah pengawasan dan pengambilan keputusan.
1.4 Metodologi Penelitian
Dalam perancangan skripsi ini, metode-metode penelitian yang akan digunakan adalah:
a. Metode Studi Pustaka
Melakukan pengumpulan data dan informasi yang berasal dari berbagai sumber seperti jurnal dan buku yang terkait dengan penelitian yang diambil, yaitu terkait manajemen sumber daya manusia.

b. Metode Observasi
Mengumpulkan data dengan melakukan survei langsung ke PT Swadharma Griyasatya untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dengan cara melakukan wawancara kepada karyawan yang menjalankan dan memantau langsung proses yang terjadi di perusahaan, serta mencari kendala yang terjadi dalam sistem yang sedang berjalan.

c. Metode Analisis dan Perancangan Sistem
Metode yang digunakan untuk menganalisa dan merancang sistem adalah metode dengan pendekatan Object Oriented. Metode ini akan digunakan untuk menganalisa sistem dari proses berjalan, dan merancang sistem yang akan memberi solusi bagi kendala yang terjadi pada proses berjalan di dalam perusahaan. Metode ini terdiri dari proses perancangan:
  1. Requirement
  2. Deployment Environment & Support Services Architecture 
  3. Software Architecture 
  4. Use Case Realizations
  5. Database
  6. System & User Interface
d. Metode Pengembangan Sistem
Dengan berpanduan pada pendekatan Object Oriented, tahapan pengembangan sistem adalah:
  1. Inception 
  2. Elaboration
  3. Construction
  4. Transition
e. Metode Perhitungan PPh pasal 21
Dalam menentukan jumlah pajak yang dikenakan, perhitungan yang dilakukan adalah dengan menentukan jumlah penghasilan neto dikurangi dengan penghasilan tidak kena pajak (PTKP), sehingga dapat ditentukan total penghasilan kena pajak (PKP) lalu dapat dihitung berdasarkan persentase pengenaan tarif pajak yang berlaku.

1.5 Sistematika Penulisan
Sesuai dengan panduan dan petunjuk yang telah ditetapkan, penulisan skripsi ini terdiri dari 5 bab yang dan dibagi menjadi beberapa sub-bab yang saling berkaitan. Berikut ini adalah garis besar mengenai hal apa saja yang akan dibahas dalam setiap bab, yaitu:

BAB 1 - PENDAHULUAN
Bab 1 bersifat sebagai pembuka bagi pembaca untuk pengantar kedalam topik skripsi. Bab 1 berisi latar belakang pengambilan topik skripsi, ruang lingkup yang mencakup materi apa saja yang akan diambil dalam skripsi, tujuan dan manfaat dari penulisan skripsi, metodologi penulisan, serta sistematika penulisan dari skripsi ini.

BAB 2 - LANDASAN TEORI
Pada bab 2, penulisannya mencakup teori dasar terkait penelitian yang dilakukan dalam penyusunan skripsi. Bab 2 terdiri atas teori-teori yang mendasari serta mendukung penelitian dan penulisan skripsi berdasarkan referensi yang didapatkan dari studi pustaka.

BAB 3 - ANALISIS SISTEM BERJALAN
Pada bab 3, akan diuraikan mengenai gambaran umum perusahaan berupa profil perusahaan berikut visi dan misinya, penjelasan singkat mengenai jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, struktur organisasi, tata laksana sistem berjalan yang berisi proses bisnis berbentuk narasi dan diagram, permasalahan yang dijumpai pada sistem berjala, yang dilengkapi dengan solusi yang diusulkan.

BAB 4 - USULAN SISTEM INFORMASI YANG DIAJUKAN
Bab 4 ini berisi perancangan sistem informasi yang menjawab permasalahan yang dialami oleh perusahaan dalam proses bisnisnya yang telah dijabarkan pada bab 3. Perancangan sistem informasi dilakukan dalam bentuk penggambaran diagram yang berpanduan dengan metode object oriented, serta rencana program aplikasi yang diajukan.

BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab 5 yang berisikan kesimpulan dan saran, akan diuraikan mengenai hasil yang dapat diambil dari seluruh proses penelitian yang dilakukan selama pembuatan skripsi ini, berikut rangkuman solusi yang ditawarkan terhadap proses berjalan pada perusahaan. 

No comments:

Post a Comment