Thursday, 16 March 2017

Pengertian Simbolisasi Alam Atas

Simbolisasi Alam Atas
Bumi yang diciptakan dalam kerendahan, dikontraskan dengan penciptaan langit yang berada dalam posisi tinggi. Simbolisasi yang menandai fenomena kosmik langit dan benda-benda kosmik yang menghiasinya: matahari, bulan, serta bintang-bintang memiliki signifikansi yang penting bagi analogi kosmik yang diambilkan Sahl untuk makna kejiwaan manusia. Ketinggian posisi benda-benda langit itu memberi ruang bagi Sahl untuk menguatkan anggapan akan ketinggian unsur-unsur spiritual, di tambah dengan peran benda-benda kosmik tadi sebagai pembawa cahaya bagi kegelapan yang digambarkan sebagai ketertupan bumi dari pancaran sinar matahari. Bumi yang diciptakan rendah, sangat tepat digambarkan sebagai elemen-elemen material dalam bentuk jasad fisik, juga elemen organik jiwa, yang kegelapannya tidak akan pernah sirna tanpa kehadiran benda-benda yang berperan sebagai sumber cahaya bagi elemen-elemen korporeal tadi. Dalam hal ini, peran Sahl juga bernilai krusial ketika ia menempatkan posisi pribadi Muhammad yang sangat diagungkan dalam tradisi sufi sebagai agen pencerahan bagi dunia dalam posisi dan peranannya yang sangat signifikan dalam dimensi spiritual agama dan kebutuhan dan ketergantungan manusia terhadap keberadaan Rasul seperti yang akan diterangkan di bawah.

1. Matahari dan Bulan
Benda kosmik yang menandai kecemerlangan siang, matahari, dalam penafsiran simbolik Sahl al-Tustarî dimaknai sebagai cahaya penglihatan hati (nûr bashar al-qalb), sementara bulan yang merefleksikan cahaya matahari dan memberikan penerangan malam dimaknai sebagai cahaya penglihatan mata-kepala (nur bashar ‘ayn al-ra’s). Dalam penafsiran simbolik yang dilakukan Sahl, nampak bahwa kedua benda kosmik ini dijadikan sebagai simbol yang menandai kapabilitas potensial yang dimiliki manusia dalam mencerap unsur cahaya, pencerahan yang berasal dari luar dirinya. Menafsirkan fenomena kiamat yang ditandai dengan hilangnya cahaya bulan dalam QS 75:9, “Dan matahari dan bulan dikumpulkan,” Sahl memaknai bulan sebagai cahaya penglihatan (nûr al-bashar) yang potensi pancarannya dimiliki oleh mata (‘ayn al-ra’s), sementara matahari dalam proses analogi yang dilakukan Sahl menjadi makna simbolik untuk cahaya penglihatan yang dimiliki oleh hati. Bulan yang muncul di waktu malam membawa konsekuensi kalau cahaya penglihatan mata merupakan bagian yang tak terpisahkan dari jiwa alamiah (nafs al-thaba‘) manusia, sedangkan cahaya penglihatan hati, sebagaimana digambarkan dalam fenomena matahari yang muncul pada saat siang hari, menjadi bagian dari jiwa ruhaniah manusia (nafs al-rûh) (Tustari 1911:112). Kedua hal tersebut sejalan dengan makna simbolik yang diberikan Sahl untuk fenomena malam dan siang seperti yang sudah dijelaskan di muka.

Sudah menjadi karakter utama yang lekat dalam penafsiran sufi masa awal bila keterkaitan unsur-unsur spiritual dengan unsur-unsur jasmaniah menjadi ciri pokok ajaran moral komunitas elite spiritual yang menyebut dirinya sufi ini. Dalam kaitan simbolisasi matahari dan bulan, Sahl menyebut kelanjutan penjelasannya ketika menjawab pertanyaan manusia umumnya yang menandai kebingungan mereka pada hari akhir nanti dalam QS 75:10, “Pada hari itu manusia berkata, ‘Ke manakah tempat (untuk) (me)lari(kan) (diri)?’ Sahl memberikan penafsiran untuk ungkapan ini seraya berkata, “Pada hari Pembalasan ketika dua cahaya ini disatukan, para pendusta akan bertanya, ‘di manakah tempat yang bisa melepaskan diri dari siksa Tuhan?’” (Tustari 1911:112) Pertanyaan retoris al-Qur’ân ini pada intinya mengakui ketiadaan jalan lain untuk menghindar dari siksa Tuhan. Ayat ini juga bisa menjadi landasan bagi konsepsi mistik yang digagas Sahl di bagian mukaddimah tafsirnya berkenaan dengan konsepsi tentang qalb Muhammad yang menegaskan ketergantungan manusia terhadap Tuhannya, juga al-Qur’ân, dan Nabi Muhammad sebagai satu-satunya jalan yang menghubungkan seorang hamba kembali menuju Tuhan.

2. Langit dan Bintang-bintang
Langit ditunjukkan dengan kata samâ’ atau bentuk jamaknya samâwât. Penafsiran kata ini dalam tafsîr Sahl al-Tustarî cukup menarik perhatian karena berkaitan dengan beberapa konsepsi mistik yang memerlukan penjelasan lebih lanjut di luar analisis yang menguraikan ulasan simbolisasinya. Dalam menafsirkan QS 86:1-3, “Demi langit dan yang datang pada waktu malam. Tahukah kamu apa yang datang di waktu malam itu? Yaitu bintang yang cahayanya menembus (al-najm al-tsâqib);” Sahl menjelaskan bahwa secara harfiah kata samâ’ dapat diartikan sebagai “ketinggian” dari akar semantik al-sumuw atau al-‘uluw. Makna kiasan yang bisa diterapkan berdasarkan makna harfiah kata ini, menurut Sahl, adalah rûh Muhammad yang tinggal berdekatan dengan Tuhan. Sedangkan bintang yang cemerlang dimaknai sebagai lambang untuk hati Muhammad (qalb Muhammad) yang terbit dari keesaan Allah, yang disucikan oleh Allah, dan yang senantiasa mengingat-Nya, serta diberikan kesempatan untuk melihat-Nya (Tustari 1911:118). Penafsiran simbolik yang memaknai langit bagi status ketinggian pribadi Muhammad yang dirujuk sebagai ketinggian posisi ruhaniahnya sejalan dengan pandangan ontologis kaum sufi yang memandang ruh Muhammad berada dalam posisi yang paling tinggi di sisi Allah. Sedangkan konsepsi hati Muhammad (qalb muhammad) menjadi dasar epistemologi tentang asal semua pengetahuan ketika qalb Muhammad dirujuk sebagai lokus pengakuan tauhid yang tidak lain merupakan manifestasi cahaya keimanan yang menunjuki orang-orang yang beriman kembali ke tempat asalnya di sisi Tuhan.

Dalam penafsiran terdahulu kegelapan malam dimaknai sebagai simbol jiwa alamiah manusia yang berada dalam kegelapan masa jahiliah. Di sini, bila pribadi Muhammad secara historis disimbolkan sebagai fajar yang membawa semburat cahaya keimanan di waktu subuh menjelang terbit matahari, konsep mistik tentang hati (qalb) Muhammad membawa sufi pada analogi yang lebih dahsyat lagi. Sebagai lokus keesaan Tuhan, qalb Muhammad memang terasa pas disimbolkan sebagai bintang yang cahayanya menembus (al-najm al-tsâqib). Tidak saja lantaran bintang dinilai sebagai benda kosmik yang memiliki cahaya sendiri, tidak seperti rembulan yang hanya sebentuk refleksi cahaya matahari, tetapi kecemerlangan bintang yang mampu memancarkan cahaya menembus kegelapan malam menjadi poin penting yang menandai kecemerlangan cahaya îmân yang dibawa Muhammad dalam menerangi kegelapan dan kejahiliahan ummat manusia pada masanya. Hal ini pula agaknya yang membawa Sahl untuk memaknai al-najm al-tsâqib ini juga sebagai kiasan untuk "hati orang-orang yang beriman (qalb al-mu’min)" yang terterangi melalui hidayah yang dibawakan oleh Nabi Muhammad SAW.


Analogi yang mengkiaskan Muhammad sebagai makna simbolik untuk bintang juga dijelaskan Sahl dalam penafsiran simbolik terhadap QS 53:1-3, “Demi bintang ketika terbenam, Sahabatmu tidaklah tersesat, tidak pula keliru, dan tidak berujar menurut hawa nafsunya.” Ayat-ayat yang menandai awal surat al-najm ini dan ayat-ayat selanjutnya berbicara seputar perjalanan Nabi Muhammad kembali turun dari langit setelah melakukan mi‘râj. Oleh karena itu, selain juga dikuatkan oleh ayat kedua dan ketiga yang cukup memberikan kejelasan, ayat pertama surat al-Najm ini yang menyatakan, “Demi bintang ketika terbenam” dimaknai oleh Sahl dengan ungkapan kiasan, “Inilah Muhammad ketika ia kembali dari langit. Kawanmu tidaklah sesat, tidak pula keliru..." ayat-ayat ini menegaskan sebuah doktrin bahwa Nabi Muhamamd SAW tidak akan menyimpang dari ketauhidan yang sebenarnya (haqîqat al-tawhîd), dan tidak pula mengikuti setan dalam kondisi apapun.”[10] Simbolisasi ini juga berdekatan dengan makna kiasan yang diberikan Sahl terhadap fenomena fajar ---ketika waktu terbenamnya bintang menunjukkan periode akhir malam yang sama saja dengan waktu terbitnya fajar--- yang dalam pemahaman Sahl terhadap QS 89:1 dimaknai pula sebagai lambang pribadi Muhammad (Tustari 1911:120).

Walhasil, secara ringkas fenomena alamiah yang menandai kosmologi Sahl al-Tustarî menyebut bumi sebagai alam bawah yang menjadi simbolisasi untuk hati manusia. Selubung kabut yang menyelimuti bumi dimaknai sebagai selubung kekerasan hati yang menghalanginya dari proses pencerahan yang dilakukan melalui aktivitas dzikir. Lautan yang menjadi bagian bumi yang sering bergolak dengan pasang surut gelombang menandai karakter hati nuraniah yang menjadi tempat iman dengan sifat yang selalu berubah (taqallub) bertambah dan berkurang, sedangkan daratan diumpamakan dengan bagian organik dari hati dalam wujud jasmaniahnya. Pergantian waktu yang menandai malam dan siang menjadi simbol bagi adanya dua jenis karakter kejiwaan manusia (anfus). Malam menunjukkan jiwa alamiah, sedangkan siang merupakan jiwa ruhaniahnya. Waktu antara, seperti dhuhâ yang menandai periode sejak matahari naik sepenggalan sampai menjelang tengah hari menjadi perumpamaan bagi jiwa ruhaniah yang tercerahkan, sementara waktu subuh ketika fajar menyingsing dikaitkan dengan keberadaan Muhammad dalam bingkai historisnya yang membawa dakwah Islam menerangi kegelapan masa Jahiliah kaum Quraisy. Waktu subuh yang menandai akhir malam juga identik dengan waktu ketika bintang terbenam. Waktu ini ditandai dengan obyek petanda yang sama, yaitu pribadi Muhammad yang memberikan petunjuk ke arah keimanan kepada Allah. Kesemua fenomena alamiah yang terkait dengan bumi sebagai alam bawah dalam pandangan Sahl menandai keterikatan asal dan karakter kemanusiaan yang ditandai oleh aspek yang bersifat jasmani, terkait dengan materi, rendah, dan membutuhkan ketercerahan kondisi yang datang dari kekuatan supra-natural yang berada dalam alam atas agar dapat terbebas dari belenggu kegelapan yang melingkupi karakter alamiahnya.

Sementara itu, unsur-unsur ketinggian yang dilambangkan dengan langit dan segenap isinya menjadi aspek-aspek ruhaniah yang menjadi elemen pencerahan yang dibutuhkan seorang hamba. Matahari yang menyinari siang dengan cahayanya merupakan lambang bagi cahaya penglihatan mata hati yang bersifat batini, sementara bulan yang memantulkan cahaya matahari guna menyinari pekatnya malam dimaknai sebagai cahaya penglihatan mata kepala yang bersifat fisik. Langit sendiri menjadi lambang bagi keberadaan rûh Muhammad yang menempati posisi sangat tinggi di dekat Tuhan. Bintang yang memiliki cahaya gemerlap di malam hari juga dilambangkan dengan pribadi Muhammad, dan bahkan juga persona qalb Muhammad yang memancarkan cahaya iman ditafsirkan sebagai bagian dari sumber cahaya ketika dikaitan dengan penafsiran al-najm al-tsâqib, bintang yang cahayanya menembus. Fenomena ini menandai kecemerlangan cahaya iman yang menerangi kegelapan manusia, sebagaimana simbol-simbol kosmik ini juga dikenakan sebagai simbol bagi "hati kaum yang beriman". Keseluruhan simbolisasi kosmik mengenai fenomena alam makrokosmos seperti yang telah diuraikan di muka, dapat diringkas dalam bagan berikut yang menunjukkan kondisi kejiwaan yang menandai kesamaan karakternya.

Simbolisasi fenomena kosmik yang dilakukan Sahl melalui penafsiran simboliknya membentuk struktur kosmik dan pemaknaannya dalam sebuah konsep kosmologi yang berpola sangat dualistik dan berbeda secara diametral. Pola pemikiran yang menaunginya adalah doktrin pemikiran filsafat dualisme yang membedakan antara cahaya dan kegelapan. Pemikiran ini sangat mungkin diwarisi oleh Sahl dari tradisi pemikiran Persia sebagai pengaruh ajaran agama Zoroaster yang berkembang di tanah Persia. Di sini, latar belakang akademik Sahl yang berkembang di Tustar (atau Shushtar dalam bahasa Persianya) mejadi penting ketika sejarah pertumbuhan kota ini sejak masa Raja Darius dan Ardashir I dari dinasti Sasania yang menandai kejayaan Persia pra-Islam (lihat Bosworth 2001:ix,512a). Dalam simbolisme sufistik Sahl, perlawanan antara terang dan gelap sangat kentara dalam dualisme yang ditampilkan dalam struktur analogi yang saling diperhadapkan antara satu dengan lainnya: Bumi dan langit, daratan dan lautan, malam dan siang, matahari dan bulan dengan segenap makna-makna kiasannya yang menandai simbolisasinya. Kesemua elemen kosmik dan pemaknaannya secara psikologis secara umum mencerminkan dualisme fenomenal yang terbagi ke dalam alam bawah yang menandai keterikatan manusia secara material dengan karakter yang gelap tak tersentuh cahaya, dan alam atas yang menandai unsur spiritual/ruhaniah, yang juga menjadi sumber cahaya dan pencerahan yang dibutuhkan agar bisa kembali menuju Tuhan yang diyakini sebagai realitas yang sesungguhnya. 

Meskipun begitu, ada hal yang cukup vokal dalam simbolisasi Sahl terhadap fenomena alam semesta di luar pengaruh aliran filsafat dualisme yang kemungkinan besar diwarisi dari tradisi Persia lama, yaitu tentang peran besar pribadi Muhammad dalam membentuk konsep ontologi sufistik yang menjadi konsekuensi pemikiran simbolismenya. Dalam pengantar kajian di dalam tafsirnya, Sahl telah menguraikan peran besar Muhammad dengan menyebut ketergantungan mutlak seorang hamba dengan Tuhan, al-Qur’ân, dan pribadi Muhammad, yaitu konsepsi tentang tentang cahaya yang memancar melalui qalb Muhammad. Muara pembahasan tentang konsepsi mistik ini lebih mengarah pada pembentukan keyakinan sufi pada tataran epistemologi, di mana Muhammad berperanan besar bagi proses tercerahkannya hati orang-orang mu’min, ketika sufi meyakini bahwa melalui hati Muhammadlah cahaya tauhid memancar ke dunia dan menunjuki orang-orang yang beriman ke arah jalan kembali menuju Tuhan (Tustari 1911:3).

Hal yang lebih penting dalam pembahasan mengenai konsepsi ontologis, seperti ditunjukkan dalam simbolisasi langit dengan merujuk makna kiasan rûh Muhammad yang berada di dekat Tuhan, adalah karena ajaran ini diyakini menjadi dasar bagi hampir semua pandangan sufi yang menganggap ketinggian posisi pribadi Muhammad dan peranan penting yang diembannya dalam kaitan dengan proses penciptaan alam semesta itu sendiri. Untuk itulah kita merasa perlu untuk membahas kaitan antara simbolisasi sufi terhadap fenomena alam ini dengan konsepsi ontologis sufi tentang doktrin mistik nûr Muhammad, yang pada hakikatnya menjadi inti pemikiran mistik Sahl al-Tustarî sendiri.

Konsepsi Mistik Nûr Muhammad
Dalam dunia tasawwuf Islam, Sahl al-Tustari dianggap sebagai salah seorang narasumber yang turut memperkenalkan gagasan nûr Muhammad. Sumber lain yang juga dirujuk sebagai pencetus gagasan mistik ini adalah ‘Alî bin Abî Thâlib (Ibn ‘Arabî 1972:ii,361). Hanya saja tidak ada informasi yang jelas, apakah Sahl juga mengambil gagasan tentang konsep ini dari ‘Alî RA. Akan tetapi, kita bisa mengaitkan ide ini dalam gagasan mistik Sahl melalui riwayat awal yang yang dirujuk berasal dari Imam Ja‘far al-Sâdiq. Dalam penafsirannya tentang ayat nûr, Ja‘far menyebutkan lebih dari 40 jenis cahaya (Sulamî 2001:ii,47). Kesemua jenis cahaya ini, menurut Ja‘far hanya cocok untuk Muhammad, sebagaimana ia menyatakan komentarnya, “Semua cahaya berasal dari cahaya Tuhan, di mana setiap hamba merupakan pancaran dari cahaya-cahaya ini, dan bahkan bagian-bagiannya merupakan gabungan dari dua atau tiga jenis cahaya, yang kesemuanya tidak akan sesuai secara sempurna bagi siapapun kecuali Muhammad SAW.

Figur Muhammad dinilai cocok bagi konsepsi ontologis ini lantaran Muhammad berada sangat dekat Tuhan dalam segala kondisi kesahihan ibadah, dan tingkatan mahabbah. Muhammad ini merupakan cahaya yang berasal dari Tuhan dan akan senantiasa berada dalam naungan cahaya Tuhannya. Meskipun begitu, kaitan ide ini dengan gagasan mistik Sahl masih sangat samar dan tidak cukup bukti akan adanya pengaruh langsung antara keduanya, lantaran Sahl tidak termasuk dalam garis imamat kaum Syi’ah yang menerima ajaran berdasarkan wasiat imam secara turun temurun. Dengan begitu, hanya faktor waktu saja yang bisa mengaitkan dua faktor ini, ketika Sahl hidup pada masa yang lebih belakangan dibandingkan dengan Imam Ja‘far, maupun ‘Alî. Kenyataan ini bisa memberi ruang pada adanya pengaruh pemikiran Syi’ah dalam gagasan mistik Sahl, meskipun hal ini pun masih bisa diperdebatkan, dengan mempertimbangkan fakta yang diterima secara luas bahwa riwayat-riwayat Imam Ja‘far juga diterima dengan baik dan diakui validitasnya oleh kalangan Sunni dan diterima sebagai bagian dalam tradisi pemikiran mereka.

Dalam gagasan mistik Sahl, tergambar kaitan yang jelas antara konsep mistik tentang nûr Muhammad dan interpretasi simbolik terhadap ayat nûr dalam QS. 24:35 (Tustari 1911:68). Meskipun begitu, detail uraian mengenai konsep ini dijelaskan di tempat berbeda, tepatnya ketika ia menjelaskan kaitan doktrin mistik nur Muhammad dengan proses penciptaan Adam sebagai khalifah di atas bumi yang digambarkan dalam QS 2:30. Sahl menjelaskan, “Sebelum menciptakan Adam AS, Allah berfirman kepada para malaikat, ‘Sungguh akan Kuciptakan seorang khalifah di bumi’. Dia kemudian menciptakan Adam dari tanah yang memiliki kemuliaan ilahi, yaitu dari nûr Muhammad.” (Tustari 1911:10)


Selain beberapa tautan ringkas, seperti dijelaskan di muka, konsepsi nûr Muhammad mendapatkan penjelasan yang cukup memadai dalam pemahaman Sahl terhadap klasifikasi keturunan Adam yang dikaitkan dengan penafsiran terhadap kesaksian primordial ummat manusia yag tertuang dalam QS 7:172. Sahl membedakan tiga kelompok asal keturunan manusia, yaitu: Muhammad, Adam, dan anak keturunan Adam selanjutnya. Dalam hal ini, doktrin tentang nûr Muhammad merupakan tahapan-tahapan awal dalam proses emanasi penciptaan dunia, di mana Muhammad dianggap sebagai obyek penciptaan pertama, yang darinyalah kemudian makhluk-makhluk lain di dunia ini diturunkan. Sahl memulai penjelasan mengenai proses emanatif ini dengan mengatakan bahwa Tuhan memancarkan sebuah cahaya dari cahaya-Nya. Ketika cahaya-Nya ini mencapai tabir keagungan (hijâb al-uzhmâ) sesuatu bersujud di hadapan Tuhan. Kemudian Tuhan menciptakan dari sesuatu yang bersujud itu sebuah tabung yang besar (‘amûd ‘azhîm) yang bagian dalamnya seperti kaca yang terbuat dari cahaya, sedangkan bagian luarnya diletakkan di atas pribadi (‘ayn) Muhammad. Lama sebelum memulai proses penciptaan, cahaya ini telah menetapkan dirinya untuk berkhidmat kepada Allah selama berjuta-juta tahun, pada saat yang sama Tuhan juga menganugerahkan kehormatan baginya dengan menyaksian Tuhan secara langsung (musyâhada) (Tustari 1911:41).

Menurut Sahl, sebagaimana Adam dijadikan dari nûr Muhammad, proses emanasi lanjutan dalam proses penciptaan alam semesta juga melibatkan peran nûr para Nabi yang lain (nûr al-anbiyâ’), nûr kerajaan langit (malakût), dan nûr dunia serta nûr akhirat (Tustari 1911:47). Dalam hal ini, terkait dengan pengaruh tradisi pemikiran kuno yang mungkin diserap oleh Sahl al-Tustari, beberapa ahli menduga konsep emanatif yang mirip dengan apa yang diungkapkan oleh Sahl yang menyertakan peran serta nûr para Nabi dalam proses penciptaan alam semesta juga dijumpai dalam literatur yang memuat pemikiran kaum Gnostik Sumeria mengenai pre-existence Musa.[11] Menurut pendapat Qâsim al-Samarrâ’î, pandangan serupa juga dijumpai di dalam tradisi Zoroaster di Persia. Sebuah kisah kuno yang disebutkan di dalam buku Dasatir-i Asmanil, memberikan gambaran serupa tentang proses pembagian cahaya yang sama juga disebut sebagai tahapan awal penciptaan alam sampai kemudian dibagi ke dalam bagian-bagian lain yang beraneka ragam (Samarra’i 1968:149).

Sebuah pengaruh yang nyata dari gagasan mistik Sahl terhadap pemikiran sufi selanjutnya tertuang dalam sebuah elaborasi emanatif sejenis yang dicetuskan oleh al-Hallâj dalam bukunya Tawâsin. Hallâj menyebut gagasannya tentang sebuah sebuah konsep metafisika yang dinamai dengan sebutan Tâ Sîn al-Sirâj (Lampu). Ia mengatakan bahwa cahaya para Nabi berasal dari cahaya Tuhan (Hallaj 1989:4). Dalam hal ini Hallâj juga setuju dengan Sahl bahwa nûr Muhammad lebih bercahaya, lebih transparan, dan lebih dahulu ada dalam alam kekekalan (qidam) dibandingkan dengan cahaya-cahaya kenabian yang lain. Hallâj menyebut Muhammad sebagai pemimpin seluruh ummat manusia di bumi ini, yang nama sebenarnya adalah Ahmad dan juga dijuluki dengan sebutan awhad, yang berarti “seseorang yang mengakui keesaan Tuhan. Hal inilah yang mungkin menghubungkan Hallâj dengan gagasan mistik Sahl mengenai Muhammad yang hatinya menjadi lokus pengakuan terhadap keesaan Tuhan (Tawhîd) (lihat Tustari 1911:3), di samping konsepsi ontologisnya melalui gagasan mistik nûr Muhammad.

Gagasan mistik tentang nûr Muhammad inilah yang menjadi landasan berfikir sufistik dalam pemikiran Sahl al-Tustari dalam memandang eksistensi dan proses penciptaan dunia. Pandangan ini pulalah yang menjadi landasan bagi penggambaran simbolisasi kosmik dalam penafsiran simbolik yang dilakukan Sahl al-Tustari terhadap ayat-ayat al-Qur’an. Pandangan ontologi sufi yang bertumpu pada konsepsi nur Muhammad ini pada gilirannya menjadi pondasi yang cukup kuat bagi turut terciptanya konsep-konsep mistik lainnya yang menyertakan keterkaitan peran dan status Muhammad dalam aspek epistemologis,[12] dan bahkan soteriologis,[13] di mana Muhammad tidak saja berperan sebagai model yang harus ditiru, tetapi juga agen yang berperan bagi keselamatan dan keterlepasan manusia dari selubung materi yang membungkusnya yang menandai keberadaannya di dunia ini dalam pandangan sufi, sehingga mereka perlu untuk melakukan upaya penyucian jiwa dalam latihan-latihan batin dalam riyadhah sufi guna menelusuri kembali jalan pulang menuju Tuhan. []

No comments:

Post a Comment