Tuesday 7 March 2017

Ciri-ciri Proses Sosial

Ada beberapa Ciri-ciri Proses Sosial
1. Bentuk interaksi macam ini disebut “proses” karena terdiri dari serentetan kegiatan yang saling menyambung dan berakhir pada suatu ujung yang merupakan hasil dari perjalanan itu. Dalam proses sosial yang mengalami pemrosesan ialah nilai-nilai sosial seperti telah di katakan di muka. Sejumlah proses sosial dasariah disebut kooperasi, asimilasi,konflik, oposisi dan persaingan.
2. proses sosial mengandung unsur dinamika, artinya didalam proses tersebut terdapat berbagai keaadaan nilai sosial yang sedang di proses, mulai dari nilai yang belum sempurna sampai situasi yang lebih mantap atau sebaliknya
3. proses sosial mengikuti pola tingkah laku tersendiri, orang yang terlibat dalam proses sosial (misalnya bersaing) tidak mengikuti pola sopan santun yang di tuntut kedudukan dan peranan.
4.  interaksi yang disebut proses sosial tidak mengenal waktu dan tempat tertantu. Ia dapat muncul disetiap waktu pada setiap sektor kegiatan manusia.
5. fenomena proses sosial berada dibawah kontrol sosial yang ketat. Pengawasan sosial ini perlu dilakukan oleh masyarakat (negara) karena jika diluar kontrol proses sosial dapat menimbulkan karugian bagi pihak-pihak yang ada dalam proses sosial.
6. proses sosial bersifat universal, dapat etrjadi dimana-mana, dan merupakan bagian dari kebudayaan manusia. Maka dalam satiap masyarakat dari setiap bangsa terdapat proses sosial dalam bentuk kerjasama, akomodasi, asimilasi, persaingan, oposisi dan konflik sosial.

No comments:

Post a Comment