Pengertian Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw (Tim Ahli)
Pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang
terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung –
jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi
tersebut kepada orang lain dalam kelompoknya. Dalam teknik ini, siswa
dapat bekerja sama dengan siswa lainnya dan mempunyai tanggung jawab
lebih dan mempunyai banyak kesempatan pula untuk mengolah informasi yang
di dapat dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan
bersosialisasi.
Model
pembelajaran seperti ini harus dioptimalkan karena dapat meningkatkan
kemampuan kreatif siswa dan tentunya meningkatkan prestasi siswa. Di
samping itu, pembelajaran ini juga dapat meningkatkan komunikasi siswa
karena berani menyampaikan apa yang telah ia dapat kepada kelompok lain
maupun kelompok sendiri, sehingga siswa yang kurang percaya diri untuk
menyampaikan bisa di latih untuk lebih berani dengan pembelajaran model
ini. Disini, peran guru adalah memfasilitasi dan memotivasi para anggota
kelompok ahli agar mudah untuk memahami materi yang diberikan.
Kunci
tipe Jigsaw ini adalah kemandirian setiap siswa terhadap anggota tim
yang memberikan informasi yang diperlukan. Artinya para siswa harus
memiliki tanggunga jawab dan kerja sama yang positif dan saling
ketergantungan untuk mendapatkan informasi dan memecahkan masalah yang
diberikan.
Langkah – langkah metode pembelajaran tipe Jigsaw ini adalah :
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (disebut dengan kelompok asal, setiap kelompok terdiri dari 4 – 6 siswa dengan kemampuan yang heterogen). Setiap anggota kelompok nantinya diberi tugas untuk memilih dan mempelajari materi yang telah disiapkan oleh guru.
- Di kelompok asal, setelah masing-masing siswa menentukan pilihannya , mereka langsung membentuk kelompok ahli berdasarkan materi yang dipilih.
- Setelah setiap kelompok ahli mempelajari (berdiskusi) tentang materinya masing-masing, setiap anggota dalam kelompok ahli kembali lagi ke kelompok asal untuk menjelaskan/menularkan apa-apa yang telah mereka pelajari/diskusikan di kelompok ahli.
- Dalam tipe ini peran guru lebih banyak sebagai fasilitator, yaitu memfasilitasi agar pelaksanaan kegiatan diskusi dalam kelompok ahli maupun penularan dalam kelompok asal berjalan secara efektif dan optimal
- Setelah masing-masing anggota dalam kelompok asal selesai menyampaikan apa yang dipelajari sewaktu dalam kelompok ahli, guru memberikan soal/kuis pada seluruh siswa. Soal harus dikerjakan secara individual. Nilai dari pengerjaan kuis individual digunakan sebagai dasar pemberian nilai penghargaan untuk masing-masing kelompok.
No comments:
Post a Comment