Tuesday 7 March 2017

Pengertian Habitus dan Konsep Habitus

Apa Habitus..??
Habitus mengacu pada gaya hidup, nilai-nilai, kecenderungan dan harapan kelompok sosial tertentu yang diperoleh melalui kegiatan dan pengalaman kehidupan sehari-hari. Mungkin dalam hal yang lebih mendasar, habitus bisa dipahami sebagai struktur dari pikiran ditandai dengan satu set diperoleh skemata , kepekaan, disposisi dan rasa. Habitus adalah hasil dari objektifikasi struktur sosial di tingkat subjektivitas individu. Habitus dapat dilihat sebagai tandingan ke pengertian rasionalitas yang lazim dalam disiplin lain dari penelitian ilmu sosial. Hal ini mungkin baik dipahami dalam kaitannya dengan pengertian 'habitus' dan 'lapangan', yang menggambarkan hubungan antara agen individu dan lingkungan kontekstual.

Konsep habitus telah digunakan sejak Aristoteles tetapi dalam penggunaan kontemporer diperkenalkan oleh Marcel Mauss dan kemudian kembali diuraikan oleh Maurice Merleau Ponty- dan Pierre Bourdieu . Bourdieu menguraikan tentang pengertian Habitus dengan menjelaskan ketergantungannya pada sejarah 

Menurut Bourdieu, habitus terdiri dari:
Sitems tahan lama, disposisi transposabel, struktur terstruktur cenderung berfungsi sebagai struktur penataan, yaitu, sebagai prinsip yang menghasilkan dan mengatur praktik dan representasi yang dapat obyektif disesuaikan dengan hasil mereka tanpa mengandaikan suatu membidik sadar di ujung atau penguasaan express dari operasi yang diperlukan untuk mencapai mereka.

Tubuh habitus
Tubuh habitus adalah istilah medis untuk tubuh, dan didefinisikan sebagai endomorphic (kelebihan berat badan), ectomorphic (underweight) atau mesomorphic (berat badan normal). Habitus dapat dipahami sebagai karakteristik fisik dan konstitusional individu, terutama yang terkait dengan kecenderungan untuk mengidap penyakit tertentu.

No comments:

Post a Comment