Tuesday 7 March 2017

Pengaruh Belajar Terhadap Struktur Dan Fungsi Saraf

Pengaruh Belajar Terhadap Struktur Dan Fungsi Saraf
Belajar jelas terbukti menyebabkan perubahan struktur saraf maupun fungsinya. Rosenzweig dan koleganya menaruh anak – anak tikus dalam dua lingkungan yang berbeda. Mereka menemukan banyak perbedaan dalam otak binatang yang ditaruh di lingkungan yang berbeda. Tikus yang di dalam lingkungan diperkaya, mempunyai cortex yang lebih tebal, supply kapiler yang lebih baik, lebih banyak isi proteinnya, lebih banyak acetycholinesterase (berarti saraf yang mensekresikan acetycholinesterase menjadi lebih banyak).

Induksi Dari Potnsiasi Jangka Panjang adalah peningkatan jangka panjang saraf terhadap input synaptic tertentu, disebabkan oleh aktivitas frekuensi tinggi yang diulang-ulang degan input yang sama. Hokum Hebb mengatakan bahwa apabila satu synapse aktif pada saat saraf postsynaptic aktif maka synapse yang bersangkutan akan diperkuat.
Hippocampal formation adalah daerah special di limbic cortex yang terletak di lobus temporalis. Bentuknya terlipat dan membengkok, membentuk struktur tiga dimensi. Hippocampal meliputi enthorhinal cotex, hippocampus, dentate gyrus dan subiculum. 

Hippocampus disebut juga cornumatis, karena itu dua bagian yang besar di hippocampus ca 1 dan ca 3. Sel pyramid adalah sel saraf yang besar dengan bentuk pyramid. Ditemukan di cerebral cortex dan amon’s horn dari hippocampal formation.

No comments:

Post a Comment