Saturday 15 October 2016

Pengertian Lokakarya dan Semikoka

Lokakarya 
Lokakarya adalah suatu acara pembelajaran yang ditujukan kepada orang-orang yang akan berdiskusi mengenai suatu masalah tertentu dan mencari solusi atau jalan keluarnya. Tujuan dan manfaat dari lokakarya adalah untuk menambah pengetahuan seseorang mengenai suatu topik tertentu. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan workshop/lokakarya, yaitu;
  1. Topik pembahasan. Hal ini ditujukan agar kita dapat mencari narasumber yang tepat dengan topik tersebut;
  2. Tempat lokakarya. Sebelum kita memilih tempat lokakarya yang tepat, kita harus mengetahui siapa saja peserta dari lokakarya tersebut. Dengan memilih tempat lokakarya yang tepat, tentu akan tercipta suasana lokakarya yang nyaman bagi pesertanya;
  3. Tata letak. Setelah memilih tempat yang nyaman, kita juga harus menentukan tata letak/layout yang sesuai dengan jumlah peserta atau permintaan dari narasumber terkait. Tata letak yang tidak nyaman bagi peserta yang hadir akan membuat proses lokakarya menjadi tidak maksimal dalam pelaksanaannya. 
Semiloka 
Semiloka adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul di suatu tempat untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.

Pertemuan atau persidangan biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya. 

Sarasehan 
Sarasehan adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu. 
Model penyelenggaraan Sarasehan yaitu dengan mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh orang banyak dan penyajiannya disajikan oleh para ahli, yang lain sebagai peserta sarasehan mendengarkan pemaparan dari para ahli, dan boleh menanyakan sesuatu yang belum dimengerti apabila dibuka sesi tanya jawab.

1 comment: