Sunday 9 October 2016

Pengertian Ketel Uap

Boiler ( Ketel Uap) 
Boiler (ketel uap) adalah suatu alat yang digunakan untuk dapat menghasilkan uap bertekanan tinggi, dimana alat ini berisi air.Air didalam boiler dipanaskan hingga mendidih sampai menghasilkan uap, dan uap yans dihasilkan akan berubah menjadi tegangan tinggi .Uap yang dihasilkan boiler akan mengerakkan turbin dan diteruskan kegenerator untuk mengbangkit tenaga listrik. Uap (uap air) yaitu gas yang timbul akibat perubahan fase air cair menjadi uap (gas) dengan cara pendidihan (boiling).

Uap air tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penggerak turbin,untuk membangkitkan tenaga listrik . Uap air yang digunakan bukan sekedar uap air saja,tetapi uap air bertekanan tinggi yang dihasilkan dari boiler, dari hal tersebut penulis ingin membuat miniature boiler sederhana dengan memamfaatkan mikrokontroler sebagai pusat kendali, sensor suhu LM 35 untuk memamtau suhu pada boiler,LCD sebagai display,heater listrik sebagai pemanas air,turbin miniature dari baling-baling kecil dan dinamo DC kecil sebagai miniature dari generator.

Ketel uap pada dasarnya terdiri dari bumbung (drum) yang terttutup dari ujung pangkalnya dan dalam perkembangannya dilengkapi dengan pipa api maupun pipa air.Jadi untuk menghadapi perkembangan turbin uap tentu perlu sarana pembangkit tenaga uap (baik dalam bentuk steam boiler maupur dalam bentuk lain). Bagian pemanas lanjut (superheater) ialah bidang pemanas (uap satu rasi) untuk menaikkan temperaturnya sehingga menaikkan energi potensial uap.

Pemanas lanjut sangat penting untuk produksi uap panas lanjut bagi turbin uap,karena uap panas lanjut (adi panas)adalah uap kering,syarat yang diperlukan dalam operasi turbin.Biasanya pemanas lanjut lanjut ini diklasifikasikan sebagai pemanas lanjut konveksi,pemanas lanjut radiasi atau pemanas lanjut kombinasi,tergantung pada bagaimana cara transfer energi termal.Biasanya diperlukan pula bahwa temperatur akhir uap tetap konstan meskipun beban ketel berberda. Uap air adalah sejenis fluida yang merupakan fase gas dari air, bila mengalami pemanasan sampai temperatur didih dibawah tekanan tertentu. Uap air tida berwarna, bahkan tidak terlihat bila dalam keadaan murni kering.

SUMBER;

No comments:

Post a Comment