Sunday 2 April 2017

RUANG LINGKUP ILTIZAM

RUANG LINGKUP ILTIZAM
Secara garis besar iltizam meliputi iltizam bisysyari’ah dan iltizam bil jamaah. 
Iltizam bisysyari’ah. 

Dalam iltizam bisysyari’ah ini termasuk di dalamnya adalah iltizam terhadap aqidah karena aqidah merupakan bagian dari syariah. Kalau kita lihat, para ulama salaf dalam pembahasan fikhul kabiir memasukkan aqidah. Bahkan Al-qur’an sendiri sebelum pembahasan tentang fikih terlebih dahulu diawali dengan pembahasan tentang keimanan. Misalnya seperti yang tertera dalam surat Al-Hajj ayat 73-78. Sebelum Allah perintahkan ruku’ sujud dan beribadah kepada Allah serta berjihad (dalam ayat 77-78), terlebih dahulu Allah menjelaskan tentang keimanan dari ayat 73 hingga 76.

Bahkan, bila kita melihat kriteria orang yang laik untuk dihalaqohkan adalah orang-orang yang memiliki iltifat (perhatian) yang serius kepada Islam.

Iltizam bisysyari’ah meliputi iltizam terhadap aqidah ashshohihah, ibadah salimah dan al-akhlaq al hamidah.
a. Aqidah Ashshohihah.
Keyakinan pada Allah (46:13) dimanifestasikan dalam bentuk jaza. Penekanan yang perlu ditambah tentang iman (aqidah) ini adalah iman yang yaqiz bukan iman yang muqaddar. Jangan sampai pengkajian yang meluas tentang aqidah melalaikan syu’ur bi maiyyatillah.

b. Ibadah Salimah.
Pernah ada seorang sahabat yang bertanya tentang arkanul Islam kemudian dia tidak menambah dan mengurangi rukun iman Islam tersebut. Kemudian Rasulullah mengomentari : “Aflaha in Shodaqo”. Dalam hadits juga diberi keutamaan ketika iltizam kepada yang wajib dan yang sunnah.

c. Al-Akhlaq Al-Hamidah.
Akhlaq disini merupakan bagian dari ibadah. Secara nadzariyyah kita sudah mengetahui tetapi secara amaliyah masih sering lupa.

Dalam mudzakirat Hasan Al-Banna diterangkan bagaimana akhlaq dalam berukhuwwah. Ketika ada dua orang ikhwah melakukan transaksi jual beli harga 8 pon oleh ikhwah akan dibeli 10 pon tetapi ikhwah yang menjual tetap bersikeras akan menjualnya dengan harga 8 pon saja. Hal itu sampai diajukan kepada Asy-Syahid dan diputuskan oleh Asy-Syahid dengan harga yang menguntungkan keduanya. Demikian juga dalam bermuamalah dengan orang lain, seorang ikhwah tidak menaikkan jasa memperbaiki pompa air. Hal ini membuat orang lain salut dan kagum.

Di dalam penyampaian materi dengan rosmul bayan, jika kita kurang faham seringkali dikaitkan secara hitam putih dengan dalil-dalil Al-Qur’an dan Hadits (tidak diperkaya dengan siroh Rosul dan shahabat) sehingga terkesan materi tersebut menjadi kencang. Jika dikaitkan dengan siroh, kita akan mendapatkan betapa Rasulullah ketika berkirim surat pada Heraklius menggunakan bahasa yang sopan. MIN MUHAMMAD ILA AZHIMI BASHRAH.

Rasulullah menjawab pertanyaan Asma mengenai hubungan dengan ibunya yang masih musyrik : “Silahkan” bahkan riwayat lain : “Jalinlah hubungan”. Kata Said Hawwa : “Ta’amul ma’al kholqi tergantung dari ta’amul ma’al kholiq”. Jika ta’amul ma’allah baik akan terefleksi pada ta’amul ma’annas. Akhlaq akan terkait erat dengan aqidah dan merupakan ta’tsir langsung dari ibadah. Oleh karena itu adab dan perilaku yang perlu mendapatkan perhatian dan ditekuni di abad 15 H.

d. Ad-dakwah wal jihad.
Ad-dakwah wal jihad dalam pengertian yang umum. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-A’raf ayat 164-165 yang menjelaskan bahwa dakwah merupakan kebutuhan kita sebelum merupakan kebutuhan masyarakat (dharurah basyariyah) yaitu terhindarnya diri kita dari adzab Allah SWT baik di dunia ini maupun di akhirat kelak. Bencana akan ditimpakan kepada orang yang berbuat maksiat secara langsung maupun orang yang mendiamkan kemaksiatan tersebut (pasif). Sedangkan orang yang berdakwah ada alasan dihadapan Allah dengan ungkapan “ma’dziratan ila rabbikum” (lihat tafsir Ibnu Katsir).

Dakwah dan jihad harus difahami secara benar. Kisah Abu Thalhah di usia senjanya saat membaca surat At-Taubah “infiruu khifafan wa tsiqoolan”, semakin tua semakin meningkat jihadnya.

Demikian juga surat Rasulullah SAW yang disampaikan kepada Heraklius dan Raja Basrah dan hubungan-hubungan strategis lainnya dilakukan oleh seorang sahabat senior yang ganteng yang bernama DHIHYAH.

e. Asy-Syumul dan Tawazun.
Allah memilih dan menguji Nabi Ibrahim karena kesyumulannya. “Waidzibatalaa Ibraahimu bikalimaatin” kemudian dapat di selesaikan dengan baik terlihat dari ungkapan “faatammahunn” yang berupaya untuk berbuat tamam, syumul dan itqon dalam seluruh aspek.

Rasululllah SAW juga berqudwah kepada Nabi Ibrahim AS, tidak ada pekerjaan yang terbengkalai pada dirinya. Bahkan ketika beliau harus menjaga dan mengembalikan amanat pada saat beliau hijrah dikerjakan dengan itqon. Syumul juga perlu dimuroati ketawazunannya. Ingatlah teguran Rasulullah pada tiga orang yang akan berbuat tidak tawazun dalam hidupnya.

b. Iltizam bil jamaah.
  • Inti iltizam bil jamaah adalah iltizam kepada bai’ah yang diucapkan ketika dia memasuki pintu gerbang jamaah untuk mendengar dan taat.
  • Konsekuensi iltizam dengan bai’ah terikat dengan sekian banyak wajibat. Diantaranya AN INSYITHOH (kegiatan) baik khorijiyah maupun dakhiliyah.
  • Di balik bai’at juga iltizam dengan hal-hal yang terkait dengan wazifah (tugas). Contoh : iltizam sahabat dalam menjaga eksistensi jamaah. “fainkaana fissaaqati kaana fissaaqati wa in kaana filhiroosati kaana fil hiroosah”.
  • Iltizam bil infaq. Infaq disini baik infaq wajib maupun infaq sunnah. Infaq ini terkait dengan bazlunnafsi dan bazlulmaal. Ada sahabat yang meminta dispensasi untuk tidak berinfaq dan tidak berjihad pada Rasulullah, kemudian dijawab oleh Rasulullah : “Kalau tanpa jihad dan tanpa infaq dengan apa engkau masuk surga”.
  • Tho’at bil qiyadah. Dalam berbagai lapisan (4:59)
  • Iltizam bil qororot (kebijakan). Iltizam bil qororot dilakukan dalam berbagai stelsel. Tidak mengapa jika harus meminta kosiderannya. Nabi Ibrahim AS : 
  1. Ziyadatul iman
  2. Ziyadatul yaqin
Setelah dijelaskan harus jalan bukannya ngambek jika tidak sesuai dengan selera hawa nafsunya.

No comments:

Post a Comment