Sunday 2 April 2017

Pengertian dan Tinjauan Program Audio/Radio

PENGERTIAN PROGRAM AUIDIO/RADIO DAN TINJAUAN UMUM, KEGIATAN TUJUAN DAN FUNGSI SIARAN.
Tujuan Instruksional :
Setelah mempelajari bahan penunjang ini, Anda diharapkan dapat :
  • Menjelaskan tentang pengertian program audio dan radio
  • Menjelaskan tentang tinjauan umum siaran radio, kegiatan siaran radio dan tujuan serta fungsi siaran di Indonesia.
  • Menjawab tugas atau pertanyaan yang diberikan pada akhir bahan penunjang pertemuan 2.
PENGERTIAN PROGRAM AUIDIO/RADIO DAN TINJAUAN UMUM, KEGIATAN TUJUAN DAN FUNGSI SIARAN.
A. Pengertian program audio/radio
Yang dimaksud dengan pengertian program audio/radio ialah semua jenis program yang dalam penyampaiannya menggunakan unsur suara sebagai satu-satunya media penyampaian. 

Unsur suara dalam program audio/radio ada tiga bagian, yaitu :
  1. tutur kata, yang berupa dialog atau narasi dalam berbagai macam format
  2. musik, dan
  3. sound effect
Selanjutnya ketiga unsur tadi disebut dengan istilah “ three tool component “ karena merupakan tiga komponen utama, merupakan kesatuan yang harus ada dalam setiap program audio/radio. 

Karena hanya unsur suara sebagai satu-satunya media penyampaian, tentu mempunyai karakteristik tersendiri yang akan dibahas pada bahan penunjang pertemuan tiga nanti.

Program audio dapat dikemas atau direkam dalam berbagai macam bentuk, seperti kaset, open reel, DAT, CD dengan tujuan agar dapat didengar ulang dalam kesempatan tertentu yang terbatas, seperti dalam perkuliahan, dan sebagai file/arsip dari program yang telah diproduksi.

Dalam bentuk kemasan tadi maka program disebut program audio (karena didengar secara terbatas) dan bila program tadi disebar luaskan menggunakan pemancar radio (broadcast) maka menjadi program radio, karena dapat didengar secara luas oleh masyarakat melalui pesawat penerima radio.

Program radio dapat disiarkan secara langsung tampa direkam lebih dulu dan biasanya program tersebut telah direncanakan atau diprogramkan seperti acara pegelaran wayang kulit, musik, upacara penting, dll yang tidak dapat diulang. Kita dapat mendengarkan acara tadi bila ada permintaan untuk merekam jalannya acara tadi. Radio adalah Sound Broadcasting, karena hanya menggunakan suara dan bersifat auditori.

B. Tinjauan umum siaran Radio
Radio adalah benda elektronik yang dapat menghasilkan suara/bunyi baik suara musik, tutur kata yang berupa berita, ceramah dll.

Selanjutnya radio yang merupakan benda elektronik tadi disebut alat (device) yang memungkinkan proses komunikasi berjalan.

Proses komunikasi tadi terjadi karena kita telah mendengar siaran radio yang dipancarkan oleh stasiun radio. Untuk melakukan kegiatan komunikasi melalui radio kita menggunakan bentuk (form) yang tertstruktur berupa naskah yang dibaca oleh penyiar atau pemain.

Komunikasi dilakukan dengan menangkap tanda (signal) yang dipancarkan oleh stasiun radio dalam frekuensi tertentu.

Jadi dengan demkian maka :
  • Device
  • Form
  • Signal
Merupakan elemen-elemen penting yang secara keseluruhan terlibat dalam suatu kegiatan komunikasi yang merupakan kesatuan yang utuh.

Ketiga elemen tadi tidak dapat berdiri sendiri, karena kalau hanya alat saja (device), alat tersebut tidak ada gunanya, karena tidak ada ada tanda (signal) yang diterima. Demiklian juga bila hanya ada alat (device) dan tanda (signal) komunikasi tidak terjadi karena tidak ada bentuk (form) naskah yang akan disiarkan.

C. Kegiatan Siaran Radio
Kegiatan siaran radio adalah suatu kegiatan yang meneruskan ide/pesan/informasi dari pemberi pesan (kumunikator) agar dapat diketahui oleh yang menerima pesan (komunikan). Kegiatan menyampaikan pesan akan berhasil apabila masyarakat sebagai penerima pesan dapat dengan mudah menerima pesan/ide/informasi dan tergerak hatinya untuk berbuat melakukan sesuatu sesuai dengan pesan/ide/informasi setelah mendengarkan siaran radio tadi, karena telah mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan.

Jadi dapat dikatakan bahwa tujuan dari kegiatan siaran radio adalah untuk menggerakan, mendorong hati seseorang untuk bertbuat sesuatu. 

Untuk itu kegiatan produksi acara siaran radio/iklan radio harus dapat L;
  • Menarik minat/perhatian pendengar
  • Mengikat pendengar agar mau mengikuti program yang disiarkan
  • Mendekati keinginan/perhatian pendengar
  • Program yang disiarkan dapat dengan mudah dicerna/dimengerti oleh pendengar
  • Menggerakkan pendengar untuk berbuat sesuatu yang positif.
Cara untuk mencapai tujuan tadi dapat dicapai melalui naskah audio/radio/iklan radio yang dibuat untuk keperluan siaran radio berupa karangan atau rancangan tertulis (rundown) suatu mata acara siaran radio yang mempunyai maksud dan tujuan yang jelas. Jadi siaran radio adalah penyebar luasan rangkaian pesan dalam bentuk suara yang bersifat interaktif maupun tidak yang dapat diterima oleh masyarakat dalam suatu kemasan mata acara siaran.

D. Tjuan dan fungsi siaran di Indonesia
Penyiaran di Indonesia mempunyai tujuan :
1. Menumbuh kembangkan sikap mental masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Ada sisipan pesan tidak langsung yang bersifat tidak menggurui agar pendengar meningkatkan taqwa, iman kepada Tuhan Yang Maha Esa 

2. Memperkokoh persatuan dan kesatuan
Program yang disiarkan tidak bersifat sara, ada sisipan membina kesatuan dan persatuan

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
Program yang disiarkan ada sisipan pesan yang berisi yang dapat membantu kecerdasan pendengar

4. Membangun masyarakat yang adil makmur
Ada pesan ajakan untuk menbangun bangsa dalam program yang disiarkan.

Penyiaran di Indonesia berfungsi sebagai :
1. Media informasi dan penerangan
Dimana masyarakat mendapat informasi dan penerangan yang jelas, misalnya tentang produk Undang-Undang, dan kebijakan dari pemerintah untuk yang harus diketahui agar tidak meresahkan masyarakat dan menimbulkan gejolaj.

Media Pendidikan
Masyarakat dapat mendengarkan siaran pendidikan formal yang dikemas sedemikian rupa untuk menambah wawasan, pengetahuan dari materi pelajaran yang didapat disekolah atau perguruan tinggi. Sedangkan untuk pendidikan non formal warga masyarakat misalnya dapat pengetrahuan praktis tentang cara bagaimana berternak ayam, menanam tanaman system hydroponik didalam pot, karena banyak warga yang tidfak mempunyai lahan untuk tanaman.

Media hiburan
Disamping berfungsi untuk hiburan yang murah untuk sebagian masyarakat Indonesia, media hiburan dihimbau juga untuk memperkuat ideologi sosial budaya bangsa.

LATIHAN SOAL TOPIK 2;
  • Jelaskan pengertian dari program audio dan program radio. 
  • Apa tinjauan umum dari siaran radio 
  • Apa yang dimaksud dengan kegiatan siaran radio 
  • Apa tujuan dan fungsi siaran di Indonesia. 

No comments:

Post a Comment