Saturday 1 April 2017

Definisi Keindahan, Kenyamanan, Kebersihan dan Kerindangan Lingkungan Hidup

Definisi Keindahan, Kenyamanan, Kebersihan dan Kerindangan Lingkungan Hidup
Keindahan adalah suatu keadaan yang menyebabkan perasaan indah, meliputi fisik maupun non fisik. Lingkungan hidup yang indah memberikan suasana indah bagi yang berada di tempat tersebut. Lingkungan hidup yang nyaman memberikan ketenangan dan meningkatkan semngat untuk melakukan sesuatu bagi makhluk yang berada di tempat tersebut. Kenyamanan adalah suatu keadaanyang menyebabkan seseorang merasa nyaman.

Seseorang akan merasa senang kalau merasa tempat tersebut nyaman untuk dikunjungi atau ditempati. Tanaman jalan meningkatkan kenyamanan dengan memperbaiki iklim mikro. Salah satu fungsi kenyamanan pada tanaman adalah fungsi peneduh. Menurut Departemen PU (1996), tanaman peneduh ialah tanaman berbentuk pohon dengan percabangan yang tingginya Iebih dari 2 meter dan dapat memberikan keteduhan dan menahan silau cahaya matahari bagi pejalan kaki.

Kriteriannya antara lain: pohon dengan percabangan 2 m di atas tanah, ditempatkan pada jalurtanaman (minimal 1,5m), bentuk percabangan batang tidak merunduk, bermassa daun padat dan ditanam secara berbaris. Kebersihan adalah lingkungan yang bebas dari polutan (zat pencemar), contohnya: sampah, asap, dan limbah. Membuang sampah tidak pada tempatnya akan mengganggu keindahan dan kenyamanan serta dapat menjadi tempat srang penyakit.

Kerindangan adalah suatu keadaan yang dapat meminimalisir dampak negatif dari sinar ultraviolet matahari ke tubuh manusia. Lingkungan hidup yang rindang biasanya akan diikuti dengan sejuknya tempat karena memiliki oksigen yang cukup.

Penataan lingkungan hidup adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki lingkungan sesuai dengan prinsip pemanfaatan ruang secara optimal. Tujuannya adalah agar pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya alaam dilakukan secara terencana dan bertanggung jawab sesuai dengan potensi dan kemampuan daya dukungnya.

Penataan Lingkungan yang Indah, Nyaman, Bersih dan rindang 
Penataan lingkungan dapat mempengaruhi manfaat dari lingkungan tersebut. Lingkunhan yang kurang indah, kurang nyaman, kotor, dan gersang akan menyebabkan penghuninya tidak dapat melakukan aktivitas dengan optimal. Penataan lingkungan hidup diperlukan agar lingkungan memberikan pengaruh positif bagi penghuninya, sperti rasa keindahan dan kenyamanan.

Penataan lingkungan yang baik adalah yang memperhatikankomponen ekosistem dari segi sifat, tata letak, jumlah, warna serta ukuran komponen.
  • Contoh sifat komponen ekosistem adalah tanaman dengan habitat yang teduh, sebaiknya ditanam ditempat yang teduh dan terlindung pula. Tanaman semacam ini memerlukan pohon induk sebagai peneduh agar terlindung dari cahaya matahari langsung.
  • Contoh penataan lingkungan berdasarkan tata letak adalah tanaman yang mudah gugur, sebaiknya ditanam di tempat yang tanahnya mudah dibersihkan. Tanaman keras yang dapat tumbuh membesar, sebaiknya tidak ditanam dekat tembok. Dan pagar rumah.
Pembibitan Tanaman
Pembibitan merupakan tahap awal dalam budidaya tanaman. Ada dua cara pembibitan yaitu, secara Generatif dan secara vegetatif.

A. Pembibitan secara generatif
Pembibitan secara generatif adalah teknik pembibitan mengunakan biji-bijian yang berasal dari tanaman induk.
Contohnya:
  • Jagung,
  • Padi,
  • Kacang,
  • Cabai,
  • Sawi,
  • kangkung
  • manggis,
  • mangga.
B. Pembibitan secara generatif 
Mencangkok 
Syarat tumbuhan yang dapat dicangk adalah batangnya memiliki kambium, tidak terlalu tua dan tidak juga terlalu muda, ukurannya kira-kira sebesar ibu jari kaki orang dewasa.

No comments:

Post a Comment